Majalah Nur Hidayah

Media Mencerdaskan Umat

Tuesday, Sep 30th

Last update:08:12:27 PM GMT

Headlines:
You are here:

Enha Kids Belajar Mengamati Proses Terjadinya Siang dan Malam

E-mail Print PDF

Matahari Terbenam hari mulai malam
Terdengar burung hantu suaranya merdu….

Anak-anak Enha Kids begitu riang sambil bersenandung bersama saat memulai menonton VCD Proses terjadinya siang dan malam. Mereka bernyanyi dengan riang gembira, mengikuti alunan lagu “Burung Hantu”. Satu-persatu ilustrasi alam bermunculan pada gambar slide, ada bintang, bulan matahari dan bumi. Pada kegiatan puncak tema Kamis (22/3) ini, para siswa Enha Kids dengan asyik belajar mengamati proses terjadinya siang-malam melalui media visual.

Setelah menonton VCD bersama, Enha kids mulai bermain dengan alat peraga menggunakan globe dan lampu. Gambar peta dalam globe yang disinari lampu dianalogikan sebagai waktu siang hari, karena di waktu siang matahari menyinari bumi. Sedang peta yang gelap (baca: tidak di sinari matahari) berarti memasuki waktu malam.

Selepas belajar dengan alat peraga, mereka bermain kolase yang masih terkait tema, yaitu berbentuk matahari. Pelan namun pasti anak-anak Enha kids mulai menempelkan potongan kertas berwarna pada gambar matahari dan awan. Selepas menempel kolasei, para siswa PG-TKIT Nur Hidayah ini mencuci tangan mereka dengan air secara mandiri. Subhanallah… hebat ya…(Yun)

Add a comment

UN 2012 di SMAIT Nur Hidayah Berlangsung Tertib

E-mail Print PDF

Alhamdulillah, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/sederajat di SMAIT Nur Hidayah Kartasura selama 4 hari, Senin-Kamis 16-19 April 2012 berlangsung dengan tertib. Segala persiapan dilakukan untuk menyukseskan ujian tersebut, mulai dari persiapan akademik yaitu dengan pelaksanaan try out, pemahaman soal dan jam tambahan oleh para guru hingga pembekalan spiritual pun tak ketinggalan yaitu melalui penyiapan mental para siswa serta doa bersama dengan guru, siswa dan orang tua wali.
Sejumlah 8 guru SMAIT Nur Hidayah melaksanakan pertukaran pengawas ujian dengan 9 guru SMA Negeri 1 Kartasura. Hadir pula pengawas independen dari Universitas Veteran Sukoharjo yang diwakili oleh Ibu Indha Nurikahapsari, S.Psi. SMAIT Nur Hidayah telah menanamkan nilai kejujuran dan sportivitas baik kepada siswa maupun guru pada pelaksanaan setiap ujian terutama UN tahun 2012.

Insya Allah perjuangan para siswa SMAIT Nur Hidayah dalam menghadapi UN angkatan kedua ini diiringi bekal doa dari berbagai pihak. Semoga para siswa lulus 100% dengan nilai terbaik dan dapat melanjutkan pendidikan menuju ke gerbang cita-cita. Aamiin yaa Rabbi'alamiin. (Yun/If/*)

Add a comment

YNH Terima Kunjungan Studi Dari 3 SDIT Sekaligus

E-mail Print PDF

Seluruh peserta kunjungan studi yang berasal dari 3 SDIT yang berbeda, diterima dengan hangat di SDIT Nur Hidayah. Rabu pagi (4/4), peserta kunjungan yang terdiri atas kepala sekolah dan tenaga pendidik dari 3 sekolah yakni; SDIT Binaul Ummah, SDIT Bina Insani dan SDIT Al-Ihsan memasuki ruang meeting dengan penuh semangat. Para peserta kunjungan duduk bersama dan sharing masalah pendidikan dengan Bapak Heri Sucitro sebagai wakil Ketua Yayasan Nur Hidayah.

Senyum dan tawa mewarnai acara kunjungan ini, lewat kunjungan studi ini para peserta ingin menggali ilmu dari SDIT Nur Hidayah. Dalam moment ini Pak Heri memberikan penjelasan tentang cara mengawali terwujudnya sebuah cita-cita atau harapan. Ada tiga cara dalam mewujudkan sebuah asa yang pertama adalah passion-ghiroh- semangat yang dilandasi dengan cinta pada dunia pendidikan terutama sekolah. Kemudian yang kedua inovasi tiada henti. Sedang yang terakhir adalah pembentukan team work yang solid, dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki. Karena satu hal yang pasti keberhasilah hanya bisa diraih dengan kesungguhan. Selepas diskusi peserta kunjungan dipersilakan berkeliling area SDIT Nur Hidayah.” (yun)

Add a comment

KKG Bahas Sosialisasi Kinerja dan Tunjangan Guru

E-mail Print PDF

Senandung lagu Terima Kasih Guruku menggema di ruangan aula SDIT Nur Hidayah. Sabtu (31/3), para guru dari berbagai sekolah yang tergabung dalam gugus VIII Pangeran Diponegoro Laweyan Surakarta, tengah bersenandung bersama, dipimpin oleh pengawas baru gugus 8 yakni Ibu Endang Sri Sulistyaningsih. Selain berta'aruf, beliau juga memotivasi guru agar para guru terbiasa menerapkan pembelajaran yang fresh dan fun bagi siswa lewat nyanyian atau dongeng, sekaligus sebagai sarana menanamkan rasa syukur atas karunia Allah swt. Disamping itu itu beliau juga mengingatkan tentang urgensi tertib pembukuan untuk tiap kelas, seperti buku tamu kelas, daftar nilai lama maupun baru, buku bimbingan penyuluhan, buku absen anak, notulen rapat, buku keuangan kelas, buku tabungan siswa, dan lain-lain.

Materi pada pertemuan KKG (Kelompok Kerja Guru) kali ini, membahas visi yang ingin dicapai pada tahun ajaran 2012/2013 yakni menjadi guru yang profesional, bermartabat dan sejahtera. Kemudian disosialisasikan ciri guru profesional, dimana nantinya kinerja guru dinilai melalui kesaksian siswa dan dokumen pembelajaran yang ia ajarkan. Sehingga para guru disarankan mendokumentasi segala bentuk kinerjanya. Lebih lanjut disarankan agar para guru memiliki dokumen PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam pertemuan ini, juga disinggung tentang kriteria yang harus dipenuhi para guru untuk memperoleh tunjangan fungsional dari Negara. (Yun)

Add a comment

Afifah Afra Kupas Buku SDIT Nur Hidayah: “Anak-anak hebat, masih kecil sudah punya buku”

E-mail Print PDF

Keceriaan para siswa SDIT Nur Hidayah yang didominasi putri sore itu di area Solo Muslim Fair Assalaam Hypermarket mengusir rasa capek seharian belajar di sekolah. Ya, puluhan siswa SDIT Nur Hidayah yang terdaftar sebagai peserta ekstrakurikuler Jurnalistik tersebut sengaja meninggalkan sekolah elbih awal untuk mengikuti Bedah Buku “Antologi Puisi dan Cerpen SDIT Nur Hidayah”, Kamis (12/4). Acara yang digagas Majalah Nur Hidayah bersama panitia Solo Muslim Fair menghadirkan dua orang pembicara. Mereka adalah Ibu Afifah Afra, seorang penulis terkenal sekaligus salah satu wali murid, dan Ibu Tri Handayani – Bunda Trihan, guru Bahasa Indonesia SDIT Nur Hidayah.

Penulis yang akrab disapa Mbak Afra dan punya nama asli Yeni Mulati ini membuka sesi dengan sapaan hangat untuk para siswa. Mbak Afra mengajak anak-anak berinteraksi dan bertukar pikiran tentang asyiknya menulis. Mbak Afra juga memuji kehebatan anak-anak SDIT Nur Hidayah yang tak kalah dengan para penulis KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya Mizan), meskipun dalam bentuk sederhana “urun” puisi atau cerpen di buku kumpulan karya siswa tersebut. Sementara Bunda Trihan menyemangati anak-anak untuk suka menulis dengan lagu dan yel “Menulis, pasti bisa”. Selain siswa SDIT Nur Hidayah, acara juga diikuti oleh pengunjung pameran. (If)

Add a comment

Page 1 of 17

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »