Majalah Nur Hidayah

Media Mencerdaskan Umat

Monday, Nov 24th

Last update:08:12:27 PM GMT

Headlines:
You are here:

Kepala Pusing Berputar (Vertigo)

E-mail Print PDF

Vertigo umumnya terjadi secara tiba-tiba. Gejala yang dirasakan seperti adanya rasa goyang, rasa goyang setelah gerakan kepala, pusing berputar, pening dan rasa seperti melayang (istilah medis : Vertigo), keadaan ini dapat juga disertai rasa mual dan sampai muntah. Vertigo diyakini mengganggu hingga keseimbangan 80%. Hal ini diakibatkan karena adanya gangguan pada alat keseimbangan di telinga dalam, selebihnya dapat terjadi di sentral (otak). Perlu diketahui bahwa sistem keseimbangan tubuh kita sangat dipengaruhi oleh indra penglihatan, sistem keseimbangan di telinga dalam dan sistem otot rangka tubuh yang digunakan untuk mempertahankan gravitasi tubuh.

Penyakit gangguan keseimbangan pada telinga banyak penyebabnya. Salah satu gangguan keseimbangan yang sering terjadi adalah rasa berputar mendadak akibat perubahan posisi kepala (istilah medis: BPPV – Benign Paroxysmal Positional Vertigo).      

Pengobatan untuk Gangguan Keseimbangan (Vertigo)
Ada beberapa pengobatan gangguan keseimbangan (pada telinga) selain obat-obat yang diminum, yaitu rehabilitasi/fisioterapi dalam hal ini latihan gerakan kepala dan badan. Pertama kali umumnya harus dibantu oleh dokter untuk melakukannya. Adapun yang akan dibahas di sini adalah latihan terapi gangguan keseimbangan/vertigo akibat perubahan posisi kepala (istilah medis : BPPV - Benign Paroxysmal Positional Vertigo).
Ada beberapa latihan yaitu: Canalit Reposition Treatment (CRT) / Epley manouver, Rolling / Barbeque maneuver, Semont Liberatory maneuver dan Brand-Darroff exercise (belum ada istilahnya dalam bahasa Indonesia).
Dari beberapa latihan, umumnya yang dilakukan pertama adalah CRT atau Semont Liberatory, jika masih terasa ada sisa baru dilakukan Brand-Darroff exercise.

Latihan CRT / Epley manouver :
Keterangan Gambar :

Pertama posisi duduk, kepala menoleh ke kiri ( pada gangguan keseimbangan / vertigo telinga kiri ) (1), kemudian langsung tidur sampai kepala menggantung di pinggir tempat tidur (2), tunggu jika terasa berputar / vertigo sampai hilang, kemudian putar kepala  ke arah kanan ( sebaliknya ) perlahan sampai muka menghadap ke lantai (3), tunggu sampai hilang rasa vertigo, kemudian duduk dengan kepala tetap pada posisi menoleh ke kanan dan kemudian ke arah lantai (4), masing-masing gerakan ditunggu lebih kurang 30 – 60 detik. Dapat dilakukan juga untuk sisi yang lain berulang kali sampai terasa vertigo hilang.

Untuk Rolling / Barbeque maneuver, dilakukan dengan cara berguling sampai 360 , mula-mula posisi tiduran kepala menghadap ke atas, jika vertigo kiri, mulai berguling ke kiri ( kepala dan badan ) secara perlahan-lahan, jika timbul vertigo, berhenti dulu tapi jangan balik lagi, sampai hilang, setelah hilang berguling diteruskan, sampai akhirnya kembali ke posisi semula.

Latihan Semont Liberatory:
Pertama posisi duduk (1), untuk gangguan vertigo telinga kanan, kepala menoleh ke kiri, kemudian langsung bergerak ke kanan sampai menyentuh tempat tidur (2) dengan posisi kepala tetap, tunggu sampai vertigo hilang (30-60 detik), kemudian tanpa merubah posisi kepala berbalik arah ke sisi kiri (3), tunggu 30-60 detik, baru kembali ke posisi semula.   Hal ini dapat dilakukan dari arah sebaliknya, berulang kali.

Latihan Brand-Darroff Exercise:
Hampir sama dengan Semont Liberatory, hanya posisi kepala berbeda, pertama posisi duduk, arahkan kepala ke kiri, jatuhkan badan ke posisi kanan, kemudian balik posisi duduk, arahkan kepala ke kanan lalu jatuhkan badan ke sisi kiri, masing-masing gerakan ditunggu kira-kira 1 menit, dapat dilakukan berulang kali, pertama cukup 1-2 kali kiri kanan, besoknya makin bertambah.

Sebaiknya juga harus diperiksakan terlebih dahulu untuk memastikan penyebab vertigo / gangguan keseimbangannya. (As)
(Sumber: www.wordpress.com)


blog comments powered by Disqus

Share this post